Software (Perangkat Lunak)
4IA11
Anggota Kelompok:
Anggota Kelompok:
-
Alfian Niranda (50415510)
-
Aridho Abby Saputra (50415964)
-
Pahmi Deri Sutisna (55415292)
-
Rahaditya Aditiraka (55415544)
-
Ricky Octadeigo (55415912)
Software (Perangkat Lunak)
Komputer merupakan mesin yang memproses data menjadi suatu informasi. Komputer digunakan users untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah software atau perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
Komputer merupakan mesin yang memproses data menjadi suatu informasi. Komputer digunakan users untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah software atau perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
EVOLUSI
PERANGKAT LUNAK
a)
Era
Pioner
Bentuk
perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian
dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched
card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan
secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu.Pada
era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di
kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer
berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
b)
Era
Stabil
Pada
era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh
kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri /
perusahaan.Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak
dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser
menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan
oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di
lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu
menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time).
Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program
(pemroses) dengan data (yang di proses).
c)
Era
Mikro
Sejalan
dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak
juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.Perangkat lunak dapat di
bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan
perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya
untuk keperluan tertentu.Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak
mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
d)
Era
Modern
Saat
ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah
superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya
komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan
microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan
itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada
suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak
bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak
orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu
dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak
pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Perangkat
lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
System Software:
·
Operating
System (OS) : merupakan perangkat lunak yang
mengoperasikan komputer serta menyediakan
antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem
operasi: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX
(dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
·
Programming
Languages : merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain.
Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat
sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi
menunjukkan kedekatan dengan “bahasa manusia”. Bahasa tingkat rendah (atau
biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu per satu
terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC,
Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C.
Bahasa
pemrograman diterjemahkan kedalam bahasa yang dimengerti komputer(bahasa mesin)
oleh Compiler/ Interpreter.
Compiler
atau interpreter bisa diibaratkan sebagai suatu kamus yang berfungsi untuk
menterjemahkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer kedalam bahasa
mesin agar komputer bisa bekerja sesuai dengan ketentuan program yang ditulis.
Bahasa mesin merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh komputer
Komputer
merupakan peralatan elektronik, artinya komputer komputer bekerja berdasar
pulsa-pulsa elektronik. Pulsa elektronik hanya memiliki 2 kondisi, yaitu ON
(ada arus listrik) dan OFF (tidak ada arus). Kondisi ON dan OFF ini kemudian
diterjemahkan dalam angka 0 dan 1.
Dengan
demikian, sebenarnya untuk meng-gerakkan komputer agar bisa bekerja, maka
dituntut untuk mengetahui kombinasi kerja dari ON dan OFF. Kombinasi ini
kemudian dikenal sebagai bahasa mesin, bahasa yang dikenal oleh komputer.
Aturan yang ada didalam bahasa mesin, hanya merupakan kode-kode binary ataupun
kode-kode tertentu yang tentunya sangat sulit untuk dipelajari.
Karena
sulitnya bahasa mesin atau low level language ini, pabrik pembuat komputer
kemudian membuat kamus agar bisa dimanfaatkan oleh pemakai. Kamus ini dikenal
sebagai compiler atau interpreter.
Kamus
yang ada berisi terjemahan angka 0 s/d 9, huruf A s/d Z, aneka tanda baca,
aneka rumus perhitungan ataupun aturan-aturan yang terdapat dalam suatu bahasa
program. Terjemahan yang ada akan berbentuk pulsa-pulsa elektronik yang
kemudian dilambangkan dengan angka 0 dan 1 (konsep binary)
Dengan
adanya compiler ataupun intrepreter, pemakai kemudian bisa berkomunikasi dengan
bahasa yang lebih "manusiawi" jika dibanding dengan bahasa mesin. Bahasa
yang lebih manusiawi ini kemudian dikenal sebagai high level language.
Pemakai menuliskan instruksi dalam high level
language dan komputer menterjemahkan dalam low level language (bahasa mesin).
Jenis
high level language cukup banyak, seperti misalnya: Basic, Cobol, Pascal,
Fortran dan lain sebagainya. Dalam hal ini, setiap high level language memiliki
aturan-aturan tersendiri dan juga memiliki compiler ataupun interpreter
tersendiri. Hal ini dapat diilustrasikan dengan bahasa Inggris, Perancis ataupun
Jepang. Dimana setiap bahasa juga memiliki aturan-aturan dan kamus tersendiri.
Interpreter
akan menterjemahkan instruksi demi instruksi, dan apabila ditemui sesuatu
kesalahan, maka proses akan berhenti, dan interpreter kemudian menunjukkan
kesalahan tersebut. Untuk memulai proses, kesalahan yang ada harus dibetulkan
terlebih dahulu. Interpreter biasanya hanya ditemui pada komputer jenis kecil,
misalnya Personnal Computer.
Dalam
bekerja, compiler akan menterjemahkan seluruh instruksi yang ada, dan seluruh
kesalahan yang ditemui dalam instruksi yang ada, akan ditampilkan pada akhir
proses penterjemahan.
Program
yang ditulis dengan menggunakan language, juga disebut sebagai source program
atau program yang masih mentah. Disebut mentah karena program ini masih harus
diproses ataupun diterjemahkan kedalam bahasa mesin. Hasil penterjemahan suatu
program kedalam bahasa mesin, dikenal sebagai object program.
·
System
Utility : merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat
pemeliharaan komputer, seperti
antivirus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program
utilitas: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.
Application Software
·
Custom-made
Software / Custom Software / Tailor-made Software :
merupakan
program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.
Contoh:
aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
Commercial Software / Package Software :
·
wordprocessor,
·
desktop
publishing,
·
spareadsheet,
·
database
management system,
·
graphics
software, dsb
PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Aplikasi Office
Perangkat
lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata dan pemroses tabel .
Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering
di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran,
pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses
kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Pemroses
tabel biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel
(tabulasi). Fungsi standar yang di gunakan adalah penjumlahan di suatu range
dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai
rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi. Automasi pemrosesan dapat dilakukan
dengan menggunakan macro, misalnya perhitungan bulanan.
Aplikasi Multimedia
Aplikasi
multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena
selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam
bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film
Aplikasi
Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Aplikasi
Multimedia umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di gunakan untuk
membuat, yang hanya di gunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.
Format-format
digital multimedia di antaranya :
·
MIDI
(Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen
ini di perkenalkan pada tahun 1983
oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat
sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI
dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik)
sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
·
MP3,
format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument,
MP3 merekam seluruh suara termasuk
suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan berbanding dengan ukuran
penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah
standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah
kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
·
MPEG
(Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun
oleh ahli dari berbagai penjuru
dunia untuk format multimedia.
·
AVI
(Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan
mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word
atau PowerPoint
·
Quicktime,
sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin
AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi
menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media
penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.
Aplikasi Internet
Aplikasi
Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang
atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut
dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client).
Contoh
aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan
adalah :
·
HTTP
(Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang
menampilkan baris kalimat, atau
gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari
hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen
lainnya.
Perangkat
lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. Contoh browser adalah Internet
Explorer dan Netscape.
·
E-mail
(Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet.
Contoh perangkat lunaknya adalah
Outlook Express
·
Messenger
Messenger
di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference),
selain komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun
film (webcam)
Contoh
: Yahoo Messenger
LISENSI PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak Gratis
·
Freeware: Freeware adalah perangkat lunak bebas
yang mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan,
menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja
perangkat lunak. Suatu program merupakan perangkat lunak bebas, jika setiap
pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut. Dengan demikian, kita
seharusnya bebas untuk menyebarluaskan salinan program itu, dengan atau tanpa
modifikasi (perubahan), secara gratis atau pun dengan memungut biaya
penyebarluasan, kepada siapa pun dimana pun. Kebebasan untuk melakukan semua
hal di atas berarti kita tidak harus meminta atau pun membayar untuk ijin
tersebut. Ada beberapa kategori yang dikatakan freeware :
·
Copylefted:
Copyright pada author, contoh LGPL dan GPL, jadi perubahan dan distribusinya
bisa dilakukan tanpa ada batasannya.
·
Non
Copylefted : free software yang mengizinkan distribusi ulang atau modifikasi
dengan menambahkan batasan baru,
sehingga setiap kopi software ini, dalam bentuk binary ataupun termodifikasi
bisa menjadi proprietary software.Contoh : X Window System
·
Non
Copyrighted: public domain yang terdiri
dari pekerjaan kreatif dan
pengetahuan lainnya; tulisan,hasil seni, musik, sains, penemuan, dan lainnya;
yang tidak ada seseorang atau suatu organisasi memiliki minat proprietari. (minat proprietary biasanya dilakukan dengan sebuah hak cipta atau paten.)
Hasil kerja dan penemuan yang ada dalam domain umum dianggap sebagai bagian
dari warisan budaya publik, dan setiap orang dapat menggunakan mereka tanpa
batasan (tidak termasuk hukum yang menyangkut keamanan, ekspor, dll.).Contoh :
STP MP3 Player
·
Copyrighted
pada author: MIT license, BSD license, Apache license
Semi-Free Software
Software
yang non-free, namun mengizinkan untuk menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasinya
untuk kepentingan nonprofit. Contoh : PGP
Perangkat Lunak dengan hak cipta
·
Open
Source : adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu
orang/lembaga pusat, tetapi oleh
para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code)
yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi
internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open
Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber
dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah
program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi
untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada
orang banyak.
·
Evaluation
Copy / Trial / Preview/ Demo :
adalah software yang dapat Anda gunakan tapi ada batasan waktu atau jumlah pengguna, atau ada trialware yang
menonaktifkan beberapa fungsi dari software tersebut.
Copyrighted software
·
Shareware : Shareware
adalah perangkat lunak yang membatasi penggunanya dengan mengurangi fitur-fitur
tertentu atau membatasi masa penggunaannya selama jangka waktu tertentu ataupun
juga penggabungkan kedua hal ini. Tujuan dari publikasi shareware adalah untuk berbagi fungsi dan keunggulan perangkat
lunak itu kepada konsumen sehingga konsumen bisa berkesempatan mencoba secara
langsung perangkat lunak tersebut untuk kemudian memutuskan tidak lagi memakai
software tersebut atau membeli versi penuhnya.Contoh : Winzip, mIRC, MusicMatch
Jukebox, Real Jukebox
Istilah yang terkait dengan software lainnya
·
Adware
: Varian dari freeware yang menampilkan iklan pada tampilan
software (umumnya berupa banner). Contoh
: GoZilla!, JetAudio (mulai versi 4.7), Eudora Pro (mulai versi 4.2), Opera
(mulai versi 5)
·
Spyware : Suatu istilah
untuk menyebut software yang 'membonceng' sebuah adware, yang bertugas mendownload iklan untuk
ditampilkan pada adware tersebut. Namun, spyware umumnya juga melakukan
'penyadapan' data teknis komputer yang ditempatinya dan dikirimkan saat
komputer itu online.
·
Nagware : Varian dari
shareware yang selalu menampilkan layar peringatan setiap digunakan, layar ini akan hilang jika software diregistrasi
(dengan membayar), namun software itu sendiri masih berfungsi secara normal
walaupun tidak diregistrasi .Contoh
: ACDSee (sampai versi 2.42), WinZip, mIRC
·
Stripware : Varian dari
freeware yang menawarkan versi gratis dari software komersial dengan fasilitas yang terbatas,
biasanya ditandai dengan pemberian nama Personal Edition/Lite Version/Basic. Contoh : Eudora Lite, Real Player
Basic, Linux (distribusi Corel)
·
Optionware :Varian dari
freeware yang meminta imbalan secara sukarela dalam bentuk selain uang, misalnya : e-mail (mailware), prangko (stampware),
surat/kartupos, dll, bahkan ada yang meminta anda untuk menyumbangkan sejumlah
uang kepada yang membutuhkan, bahkan ada yang hanya meminta Anda untuk berhenti
menggerutu tentang sulitnya hidup
Contoh :
Arachnophilia.
·
Alpha Version : Software proprietary yang telah selesai pengkodeannya dan dapat digunakan, namun masih harus menjalani
pengujian internal (dalam lingkungan pembuatnya).Contoh : Mozilla
·
Beta Version :Software proprietary yang telah selesai pengkodeannya dan dapat
digunakan, namun masih harus
menjalani pengujian eksternal (di luar lingkungan pembuatnya). Software beta
bisa gratis, bisa juga komersial.Contoh
: ICQ
·
Commercial
Sofware : Software yang dijual dan dilindungi hak cipta (copyright), dapat
bersifat open source atau closed source
(proprietary). Contoh : Zope, GNU
Ada
·
Proprietary Software :Software komersial yang bersifat closed source, merupakan
kebalikan dari free software. Contoh : MS Windows, MS Office
Lingkup
Pemeliharaan Perangkat Lunak
1.
Aktifitas
pemeliharaan antara lain :
a)
Penambahan
atau perbaikan produk perangkat lunak
b)
Adaptasi
produk dengan lingkungan operasional yang baru (hardware, sistem operasi, dll
c)
Pembetulan
permasalahan yang timbul
2.
Aktifitas
Penambahan perbaikan produk perangkat lunak :
a)
Penambahan
fungsi-fungsi baru
b)
Perbaikan
tampilan dan modus interaktif
c)
Memperbaharui
dokumen eksternal
d)
Memperbaharui
karakteristik performansi dan sistem.
3.
Adaptasi
produk dengan lingkungan operasional yang baru:
Pemindahan perangkat lunak ke
perangkat keras yang lain modifikasi untuk dapat mempergunakan protokol
tambahan dll.
4.
Pembetulan
permasalahan yang timbul :
Pembenaran kesalahan yang timbul setelah produk
perangkat lunak dipergunakan oleh user.Biasanya 70 % dari seluruh biaya
pengembangan adalah untuk pemeliharaan. Dari seluruh biaya pemeliharaan, 60 %
digunakan untuk anggaran penambahan atau perbaikan perangkat lunak, sisanya
untuk adaptasi atau pembentulan
Jenis pemeliharaan perangkat lunak yaitu :
1.
Corrective
Maintenance, perubahan yang dilakukan guna memperbaiki kesalahan.
2.
Adaptive
Maintenance, perawatan berdasarkan perubahan lingkungan.
3.
Perfective
Maintenance, perubahan untuk meningkatkan kualitas sistem tanpa merubah fungsinya.
4.
Preventive
Maintenance, Meningkatkan reliability, future maintainability, future
enhancement (reverse engineering dan
re-engineering)
1)
Pemeliharaan Korektif (Corrective Maintenance )
Pemeliharaan korektif adalah bagian
pemeliharaan sistem yang tidak begitu tinggi nilainya dan lebih membebani,
karena pemeliharaan ini mengkoreksi kesalahan-kesahan yang ditemukan pada saat
sistem berjalan.Umumnya pemeliharaan korektif ini mencakup kondisi penting atau
bahaya yang memerlukan tindakan segera.Kemampuan untuk mendiagnosa atau
memperbaiki kesalahan atau malfungsi dengan cepat sangatlah berharga bagi
perusahaan.
2)
Pemeliharaan Adaptif (Adaptive Maintenance)
Pemeliharaan
adaptif dilakukan untuk menyesuaikan perubahan dalam lingkungan data atau
pemrosesan dan memenuhi persyaratan pemakai baru.Lingkungan tempat sistem
beroperasi adalah dinamik, dengan demikian, sistem harus terus merespon
perubahan persyaratan pemakai.Misalnya, Undang-Undang Perpajakan yang baru
mungkin memerlukan suatu perubahan dalam kalkulasi pembayaran bersih.Umumnya
pemeliharaan adatif ini baik dan tidak dapat dihindari.
3)
Pemeliharaan Perfektif/Penyempurnaan (Perfective Maintenance)
Pemeliharaan
penyempurnaan mempertinggi cara kerja atau maintainabilitas (kemampuan untuk
dipelihara). Tindakan ini juga memungkinkan sistem untuk memenuhi persyaratan
pemakai yang sebelumnya tidak dikenal.Ketika membuat perubahan substansial
modul apapun, petugas pemeliharaan juga menggunakan kesempatan untuk
mengupgrade kode, mengganti cabang-cabang yang kadaluwarsa, memperbaiki
kecerobohan, dan mengembangkan dokumentasi.Sebagai contoh, kegiatan
pemeliharaan ini dapat berbentuk perekayasaan ulang atau restrukturisasi
perangkat lunak, penulisan ulang dokumentasi, pengubahan format dan isi
laporan, penentuan logika pemrosesan yang lebih efisien, dan pengembangan
efisiensi pengoperasian perangkat.
4) Pemeliharaan Preventif (Preventif
Maintenance)
Pemeliharaan
Preventif terdiri atas inspeksi periodik dan pemeriksaan sistem untuk
mengungkap dan mengantisipasi permasalahan.Karena personil pemeliharaan sistem
bekerja dalam sistem ini, mereka seringkali menemukan cacat-cacat (bukan
kesalahan yang sebenarnya) yang menandakan permasalahan potensial. Sementara
tidak memerlukan tindakan segera, cacat ini bila tidak dikoreksi di tingkat
awal, jelas sekali akan mempengaruhi baik fungsi sistem maupun kemampuan untuk
memeliharanya dalam waktu dekat.
PROSES DAN METODE PEREKAYASAAN PERANGKAT LUNAK
Proses
perangkat lunak merupakan serangkaian kegiatan dan hasil hasil relevannyayang
menghasilkan perangkat lunak. Kegiatan ini sebagian besar dilakukan oleh
perekayasa perangkat lunak. Terdapat empat kegiatan proses dasar,
meliputi :
1.
Spesifikasi
perangkat lunak.Fungsionalitas perangkat lunak dan batasan kemampuan operasinya
harusdidefinisikan.
2.
Pengembangan
perangkat lunak.Pengembangan terhadap produk perangkat lunak yang memenuhi
spesifikasi perangkat lunak.
3.
Validasi perangkat
lunak.Perangkat lunak harus divalidasi untuk menjamin bahwa perangkau lunak
melakukanapa yang diinginkan oleh user.
4.
Evolusi
rangkat lunak.Perangkat lunak harus berkembang untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan yang berubah ubah.
Metode
rakayasa perangkat lunak merupakan pendekatan terstruktur terhadap pengembangan
perangkat lunak yang bertujuan memfasilitasi produksi perangkat lunak kualitas
tinggi dengan cara yang efeketif dalam hal biaya. Terdapat beberapa metode yang
bisa digunakan seperti metode berorientasi fungsi, metode berorientasi objek
dan metode pendekatan gabungan yang sekarang lebih dikenal dengan istilah UML
(unified Modeling Language).
Review Software
Review Software
Iobit Uninstaller
Iobit
unistaller adalah aplikasi utiliti uninstaller yang dapat digunakan untuk
menghapus aplikasi yang telah diinstal sebelunya pada device computer atau
pc(deskop) yang menggunakan operation system windows. Aplikasi yang didownload
dapat secara gratis pada situs https://www.iobit.com/en/advanceduninstaller.php
atau dapat di apgrade menjadi Pro. Depeloper dari Iobit inc telah merilis versi ke delapannya
8.4.0.8 utuk terbaru dari aplikasi.
Keunggulan yang
ditawarkan
·
menguninstal aplikasi lebih dari 1 dengan cara memilih aplikasi
yang ingin di uninstall serta waktu penghapusan data yang lebih cepat serta
membersihkan semua data yang berhubungan dengan apllikasi yang di unistall.
·
Memberikan fitur yang dapat mempercepat akses internet pada browser
dan meberikan keamanan browsing yang akan mecegak situs yang tidak mendapat hak
dan memperlambat pengaksesan internet
akan dihapus
·
Menghapus sisa data yang ada pada aplikasi yang telah di uninstall
sehinggga lebih banyak memori yang akan diselamatkan
·
Serta memberikan fasilitas untuk dapat melakukan upgrade software
yang sudah outdate sengingga menjadi update
Pada bagian
pengunistalan aplikasi pada kolom kategori Program terdapat pilihan yaitu
·
ALL program yang akan
menanpilkan list semua aplikasi
pada perangkat
·
Bundelware menampilkan list aplikasi yang ikut terinstal ketika menginstal
aplikasi lain
·
recently instal akan menampilkan list aplikasi yang baru-beru di
install dalam jangka 1 bulan
·
large programs adalah list aplikasi yang memiliki size diatas
100mb, dan infrequently used adalah list aplikasi yang jarang dipakai oleh user
Sofware update
akan menampilkan list aplikasi pada device yang outdate dan akan mengupdate
aplikasi ketika di pilih
Akan
memampilkan list toolbar dan plugin yang ada pada browser secara listing dan
dapat dipilih apabilah tidak berguna untuk dihapus.
Memberikan list
aplikasi yang ada pada bawaan intalan windows dan apabila tidak dinginkan dapat
dihapus
Acrtion center
bertujuan memberikan penawaran aplikasi
yang berada dalam Iobit inc dimana user dapat menginstalnya atau tidak
Toolbar dari
iobit unistaller memberikan beberapa fasilitas seperti
·
Easy
uninstall dengan klik Ctrl+Alt+U pada shortcut keyboard. Maka akan
memunculkan ikon seperti gambar user
hanya perlu drag ikon pada aplikasi yang ingin di uninstall makan secara
otomatis akan memberikan pilihan unistal
·
Force uninstaller berguna untuk secara paksa menghaps dan uninstal
aplikasi yang apabila tidak dapat di unistall karena berjalan atau not
reponding
·
Cleanup residual berfungsi untuk menghapus apabila terdapat file
yang merupakan invalid shortcut atau aplikasi yang memiliki patch error
·
Unintall history akan menampilkan history aplikasi yang pernah dihapus
sebelumnya
·
File shreeder pada tool ini dapat menghapus file atau folder yang
tidak diiinginkan secara safty permanen bahkan apabila terjadi salah drag file
sreeder juga memberikan fitur recover
Windows
Update akan menampilkan list dari windows update dan user dapat memilih untuk
menghapusnya apabila diinginkan
Komentar
Posting Komentar