Gunadarma

Sejarah Dan Macam - Macam Komputasi Modern


Sejarah Komputasi Modern
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
            Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
1. Akurasi (big, Floating point)
2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4. Modeling (NN & GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Perkembangan Hardware Komputer
Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai ke hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya, perkembangan komputer diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan pemrosesan data secara lebih mudah, walaupun prinsip itu tetap berlaku, namun akhir-akhir ini kelihatannya perkembangan hardware komputer lah yang mampu menciptakan “kebutuhan-kebutuhan” dan peluang baru. Perkembangan hardware komputer itu sendiri adalah sebuah evolusi dari berbagai alat pengolahan data. Adalah seorang Charles Babbage yang pertama kali mengenalkan komputer yang pertama, namun pada periode ini komputer digunakan hanya untuk operasi matematika, baru setelah tahun 1940 komputer digunakan untuk pengolahan data yang lebih luas. Berikut adalah perkembangan generasi komputer setelah tahun 1940 :
a.       Generasi Pertama (tahun 1940-1959). Pada generasi ini komputer menggunakan tabung untuk memproses data dan menyimpan data. Beberapa komputer yang lahir pada generasi ini adalah ENIAC, EDVAC, EDSAC.
b.       Generasi Kedua (tahun 1959-1964). Penemuan transistor pada tahun 1948 adalah salah satu faktor yang membuat generasi komputer ini lahir. Komputer pada generasi ini jauh lebih kecil karena menggunakan transistor untuk menggantikan tabung vakum yang ukurannya lebih besar. Pada periode ini pula, bahasa pemrograman sudah mulai dikenal untuk menggantikan bahasa mesin pada generasi sebelumnya sehingga menyebabkan ada beberapa profesi baru yang bermunculan seperti programmer, analyst dan ahli sistem komputer.
c.       Generasi Ketiga (1964-awal80an). Generasi ini dipengaruhi oleh penemuan IC dan chip untuk mengatasi kekurangan transistor yang cepat panas. Komputer generasi ini pun membuat komputer menjadi lebih kecil karena komponen yang banyak dapat dipadatkan dalam satu chip. Generasi ini pula ditemukan system operasi.
d.       Generasi keempat(awal80an-??).  Generasi ini adalah pengembangan dari mikroprosesor untuk membuat komputer lebih bisa melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks. Personal Komputer dikenal pada generasi ini.
e.       Generasi kelima. Generasi ini memungkinkan komputer masadepan untuk lebih dapat berinteraksi dengan manusia.

Macam – macam komputasi modern
1.    Mobile Computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
2.    Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
a.    Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
b.    Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
c.    Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
3.    Cloud Computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Kelebihan dan Kekuragan dari komputasi modern:
Pada zaman sekarang ini komputer semakin dibutuhkan karena dapat memudahkan pekerjaan manusia, komputer modern disini memiliki keuntungan dari kecepatan yang dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun hal itu sangat membatu karena semakin berkembangnya zaman semakin kita harus dituntut harus cepat dan sigap lalu memudahkan dalam pengaksesan informasi.
sekarang untuk mencari informasi apa saja bisa sangat cepat dan mudah dengan komputer, sekarang untuk mencari materi pembelajaran sudah tidak perlu datang ke toko buku / perpustakaan kita bisa mendapatkan informasi secara cepat lewat internet dan untuk materi pembelajaran sudah dapat diakses dari e-book yang dapat mengurangi penggunaan kertas yang sudah banyak jadi dengan mengaksesnya dari laptop atau smartphone kita sudah dapat informasi yang dicari, dan komputer modern memudahkan komunikasi yang dapat dilakukan tanpa kabel dengan jarak yang jauh sepeti melakukan pengiriman pesan dan telfon dapat dilakukan dimana saja dengan menggunakan internet.
Tetapi komputasi modern tidak hanya memiliki keuntungan, komputasi modern juga memiliki kekurangan seperti kemampuan individu yang menurun, seperti siswa mengandalkan kalkulator untuk menghitung perhitungan matematikanya karena sangat sering menggunakan kalkulator siswa dapat ketergantungan dengan alat tersebut dan tidak mengetahui cara untuk mendapatkan hasil jawabannya.
Lalu karena sangat memudahkannya komputasi modern kita pun semakiin sering untuk menggunakannya bahkan setiap orang sekarang pun pasti mempunyai smarphone dan dalam keluarga dirumah pun memiliki laptop, tv, alat pendigin ruangan dan tanpa sadar komputer modern pun membutukan sumber daya seperti listrik, semakin sering kita menggunakannya semakin banyak kita butuh sumberdaya tersebut untuk mensuplai agar komputer modern tersebut dapat digunakan. Komputer modern pun juga pada suatu saat akan rusak termakan waktu karena semakin sering digunakan dan akhirnya tidak digunakan lagi lalu dibuang, sampah elektronik dan listrik ini yang berdampak buruk bagi lingkungan karena sampah elektronik ini mengandung logam berat dan plastic yang susah didaur ulang atau di urai oleh lingkungan dan sampah elektronik pun dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika cara pembuangan dan cara penyimpanannya salah.



Sumber:




Komentar

Postingan Populer