Gunadarma

Membangun rasa percaya diri pada diri sendiri



Percaya diri adalah suatu perasaan di mana kita mempunyai semangat dan keyakinan yang tinggi atas kelebihan serta kemampuan diri. Banyak faktor yang mempengaruhi rasa tidak percaya diri, sehingga kita harus mempunyai beberapa strategi untuk membangun rasa percaya diri itu sehingga menjadi satu sikap yang tak mudah goyah. Menurut saya percaya diri adalah salah satu sikap yang sangat penting yang harus dimiliki oleh semua orang, dimana seseorang dapat mengembangkan penilaian yang baik terhadap diri sendiri, maupun terhadap lingkungan pergaulan atau pada situasi yang sedang dihadapinya. Jika kita mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dimana saya merasa memiliki kemampuan, yakin, dan percaya bahwa saya bisa karena didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang ingin saya capai terhadap diri sendiri.
Pada suatu ketika penulis kerap merasakan rasa kurang percaya diri ketika melakukan presentasi didepan kelas atau ketika berbica kehadapan orang banyak, ketika masih bersekolah dulu penulis merasa takut nanti ketika melakukan presentasi atau berbicara dihalayak luar, takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Tapi semakin lama semakin banyak tugas tugas kelompok yang harus dilakukan presentasi untuk menjabarkan atau menjelaskan tentang hasil pekerjaan kelompok yang dilakukan, ternyata kepercayaan diri pada saat presentasi khususnya pada saat menjelaskan materi akan berjalan baik ketika kita melakukan persiapan dan latihan.
Seperti pada saat penulis menjelaskan tentang materi tentang me-review aplikasi e-commerce pada pelajaran sistem multimedia, pada awal penulis bingung ingin menjelaskan tentang apa saja tentang aplikasi tersebut, tetapi karena penulis sendiri yang mencari materi tentang aplikasinya penulis jadi tahu poin poin apa saja yang dapat dijelaskan penulis, lalu ketika presentasinya sedang berjalan penulis sudah dapat menjelaskan materi dari aplikasi tersebut dengan tidak membacanya, hanya menguraikan penjelasan dari gambar yang ada pada slide presentasinya seperti jika gambar menampilkan halaman awal pada aplikasi e commerce tersebut penulis tinggal membahas terdapat menu menu apa saja yang ada pada aplikasinya dan kegunaannya untuk apa ketika digunakan oleh pengguna.
Jadi menurut penulis supaya rasa percaya dirinya itu lebih tinggi lagi, tidak memikirkan hal hal negativnya / kita harus fokus hanya pada hal-hal positif saja. Seperti tadi , saat ada presentasi tugas kelompok, dari pada kita memikirkan apa saja yang akan ditanyakan oleh teman teman dan takut tidak dapat menjawab pertanyaan mereka, lebih baik kita memikirkan pada pengayaan dan penguasaan materi yang akan dipresentasikan. Jika kita sudah belajar dan berlatih berbicara dengan baik dan membaca berulang ulang tentang materi yang akan dibawakan maka hasilnya nanti akan memuaskan juga tergantung bagaimana kita memahami materi yang dibawakan.
Penulis juga terkadang merasa kurang percaya diri ketika dalam bersosialisasi penulis seringkali merasa minder ketika dalam pergaulan, biasanya yang penulis rasakan rasa minder atau kurang percaya diri pada dirisendiri ini bermula ketika pikiran-pikiran buruk atau negatif yang muncul. Misalnya, ketika kita khawatir tidak diterima oleh lingkungan pergaulan ataupun kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain padahal seharusnya tidak seperti itu jika kita merasa kita bergaul pada lingkungan yang positif, karena bergaul, berteman dan bersosialisasi dengan orang-orang yang dapat memberikan dampak positif ke hidup kita seperti keluarga atau teman-teman dekat, jauhkan diri dari hal-hal yang dapat membuat diri kita merasa tidak baik.
Ibarat kita berteman dengan penjual minyak wangi pasti kita akan ketularan wanginya, tetapi terkadang  ada saja teman yang suka membuat kita tidak merasa nyaman karena mereka kerap menimbulkan kesan negatif atau terus menerus mengkritik, disinilah jika kita dapat memberikan kesan positif mereka kita dapat mengajak mereka untuk dapat berbuat lebih baik, dari pada kita jauhin mereka lebih baik kita ajak untuk berbuat lebih baik.
Dalam membangun percaya diripun kita juga harus mengembangkan dirikita, setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing yang dapat membuat mereka kurang percaya diri, oleh karena itu perbaikilah diri kita untuk menjadi semakin baik lagi,dari segi kepribadian, sikap, karakter dan lain sebagainya. Dengan perbaikan tersebut seseorang akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi, itu akan menumbuhan rasa percaya diri kita.
Seperti penulis yang merasa kurang dalam hal pergaulan oleh karena itu penulis harus lebih banyak bersosialisasi dan mencoba untuk membuka obrolan dengan orang – orang yang baru dikenal yang nantinya kita akan banyak mengenal tentang sifat dan karakteristik dari seseorang yang semakin banyak kita bertemu dengan orang banyak, nantinya pun akan menumbukan rasa percaya diri pada dirikita sendiri.


Komentar

Postingan Populer