Macam - Macam Game Engine
1.
Frostbite Engine
Game engine ini telah melahirkan game Battlefield
4 dan Call OF Duty .
FrostBite Engine adalah Game engine yang di
developer oleh EA DIgital Illusion CE . Game Engine ini pertama kali digunakan
untuk membuat game FPS . tapi setelah di kembangkan juga dapat membuat game EA
lainnya seperti Racing dan RTS. Keunggulan nya adalah rival dari IW engine
seperti dapat membuat grafik yang memukau dan objek yang nampak nyata.
Salah satu mantan pimpinan DICE yang kini aktif
di EA – Patrick Soderlund berbagi rahasia tentang di balik kehebatan engine
Frosbite ini. Soderlund mengakui bahwa
Frostbite. memang dibangun sejak awal sebagai sebuah engine masa depan yang
akan memperkuat EA untuk mesin-mesin gaming generasi selanjutnya. Engine yang
Anda lihat di Battlefield 3 dan NFS: The Run hanyalah awal dari apa yang
sebenarnya mampu dilakukan oleh Frosbite .Tidak hanya itu engine ini terus
dikembangkan hingga saat ini.
Kelebihan Frostbite game engine :
1.
Grafik yang ditampilkan memiliki tingkat kedetailan yang tinggi.
2.
Mampu mengoptimalkan prosesor 64-bit dan DirectX11.
3.
Efek-efek visual yang menyerupai realita, seperti pembiasan cahaya,
bayangan, debu, kedetailan air, dan lain-lain.
4.
Memiliki lingkungan pengembangan terintegrasi untuk pembuatan-pembuatan
elemen pada game, hampir seluruhnya terlingkupi, seperti pembuatan AI, skrip
game, dan lain-lain.
5.
Resolusi layar besar.
6.
Dapat menghancurkan objek-objek yang telah diciptakan.
7.
Dapat menampung banyak pemain per server.
Kekurangan Frostbite game engine :
1.
Tidak mendukung DirectX 9, Operating system sebelum Windows 7 tidak
kompatibel.
2.
Menggunakan sumber daya yang banyak untuk menciptakan efek-efek visual
yang menyerupai keadaan aslinya.
3.
Grafik pada PC terlihat lebih baik dibandingkan di konsol game.
2.
GameMaker
GameMaker adalah aplikasi alternatif
lainnya yang gratis dan mudah digunakan untuk membuat game untuk Windows, Mac,
iOS, dan Android.
hampir semua langkah membuat
game dilakukan dengan drag and drop, tapi GameMaker juga menyediakan hooks untuk
membuat game multi player, menghubungkan SDK eksternal, coding, dan banyak
lagi.Versi gratis GameMaker menyertakan watermark saat kita ekspor gamenya,
tapi aplikasi ini sangat bagus untuk mulai membuat game karena juga dilengkapi
banyak tutorial dasar maupun lanjutan.
GameMaker lebih serba guna daripada Stencyl di
bidang banyaknya style game yang dapat dihandle. Game populer yang dibuat
dengan GameMaker diantaranya ada Spelunky dan Hotline Miami.
Kelebihan :
1.
Proses pembuatan Game maker menggunakan cara drag and drop
2.
Tersedia GML yaitu Game Maker Langguage apabila pengguna memahami bahasa
ini maka pemanfaatn software ini dapat maksimal
3.
Tersedia beberapa jenis versi nya
yaitu Versi Lite dan versi Pro dimana pengguna dapat memilih salah satu
diantara keduanya
4.
Jenis game yang dapat dibuat tidak hanya 1 melainkan berbagai jenis game
dapat dibuat sesuai dengan imajinasi masing-masing pengguna
Kekurangan :
Game Maker versi Lite
1.
Hanya sebagian tool saja yang bisa dipakai
2.
Penambahan instuksi save dan load game tidak dapat digunakan pada versi
ini
3.
Terdapat logo game maker saat me-running game yang mau dijalankan
3.
Construct 2
Construct 2 merupakan sebuah
software pembuat game/game enginnering yang menggunakan bahasa HTML 5, software
ini dikhususkan untuk game 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Seperti yang saya
bilang diatas bahwa Construct 2 ini menggunakan bahasa HTML5 yang sangat mudah
dipelajari, sehingga membuat software ini dipilih oleh berbagai developer game
2D.
Sebenarnya game yang dibuat
dengan Construct 2 ini dikhususkan untuk single platform yaitu web tetapi
Construct 2 bisa dijadikan multi platform, yaitu dengan bantuan aplikasi
tertentu seperti: Untuk membuild game ke PC entah itu Windows, MAC maupun linux
bisa menggunakan software bantuan yang bernama Node-Webkit, sedangkan untuk
membuild ke platform IOS dan Android diperlukan software CocoonJS, AppMobi, dan
PhoneGap.
Kelebihan :
1.
Game yang kita build akan terasa ringan
2.
memiliki sangat banyak plugin yang bisa dipakai untuk
mengembangkan game kita
3.
dapat membuat game tanpa harus menulis kode pemrograman,
karena sebagian besar logika untuk game dapat dibuat menggunakan menu.
Kekuangan :
1.
Jika kita ingin
membuat gerakan karakter yang unik, akan sulit mengakali behavior bawaan dengan
tambahan event, jauh lebih mudah jika kita membuat event langsung dari awal.
Efek – efek dalam game:
·
Sprite adalah istilah umum untuk “gambar” dalam dunia 2D gaming. Sprite
digunakan dalam game 2D untuk visualisasi objek dalam duni 2D. Umumya sprite
digunakan untuk visualisasi objek yang bergerak dalam game
·
Background dalam dunia game adalah gambar yang digunakan untuk mengisi layar
dengan visualisasi dunia dimana pemain akan berjalan, melompat, berinteraksi
dan lain-lain.
·
Efek adalah istilah umum dalam dunia game 2D maupun 3D yang berfungsi
untuk visualisasi benda-benda atau hal-hal yang akan melengkapi game dalam hal
visual dan meningkatkan realisme, seperti efek ledakan, efek pencahayaan, efek
darah, dan lain-lain.
·
Tekstur adalah gambar bitmap biasa (sama yang digunakan untuk sprite)
namun gambar ini tidak ditampilkan langsung seperti dalam sprite, melainkan
akan dipergunakan untuk melapisi poligon-poligon yang membentuk model tiga
dimensi.
·
Sound Effect dan
Background Music, Sound effect diperlukan untuk mengisi
suara-suara dalam dunia game yang dimainkan pada saat event-event tertentu
berlangsung. Sedangkan Background Music adalah musik pengisi yang akan
dimainkan pada saat game berlangsung
·
Graphical User
Interface (GUI), GUI dalam game berupa gambar dan tulisan
yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah antara pemain dan game yang
dimainkan.
Artificial Intelligence dalam Game
Salah satu unsur yang berperan dalam sebuah
game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan dalam game dapat
berperilaku sealami mungkin layaknya manusia seperti berkomunikasi . Dan
didalam game biasanya ada NPC yang mewakili sifat tersebut.
NPC atau Non Playable/Player Character adalah
karakter dalam game yg tidak dapat dimainkan oleh pemain, dalam game biasanya
NPC ini digunakan untuk berinteraksi, baik sebagai lawan atau teman dalam
permainan.
Artificial Intelligence pada game yang ada pada
NPC ternyata diperlukan algoritma yang mengatur interaksi antara NPC dan player
seperti ucapan dan gerakan. NPC juga berperan dalam menjelaskan latar game
sehingga situasi dalam permainan lebih jelas, adapun NPC yang digunakan untuk
pelengkap saja yang tidak dapat berinteraksi dengan player.
Sumber :
https://ngelmutekno.blogspot.com/2016/06/10-software-pembuat-game-terbaik.html
Komentar
Posting Komentar