Gunadarma

Macam - Macam Game Engine


1.    Frostbite Engine

Game engine ini telah melahirkan game Battlefield 4 dan  Call OF Duty .
FrostBite Engine adalah Game engine yang di developer oleh EA DIgital Illusion CE . Game Engine ini pertama kali digunakan untuk membuat game FPS . tapi setelah di kembangkan juga dapat membuat game EA lainnya seperti Racing dan RTS. Keunggulan nya adalah rival dari IW engine seperti dapat membuat grafik yang memukau dan objek yang nampak nyata.
Salah satu mantan pimpinan DICE yang kini aktif di EA – Patrick Soderlund berbagi rahasia tentang di balik kehebatan engine Frosbite  ini. Soderlund mengakui bahwa Frostbite. memang dibangun sejak awal sebagai sebuah engine masa depan yang akan memperkuat EA untuk mesin-mesin gaming generasi selanjutnya. Engine yang Anda lihat di Battlefield 3 dan NFS: The Run hanyalah awal dari apa yang sebenarnya mampu dilakukan oleh Frosbite .Tidak hanya itu engine ini terus dikembangkan hingga saat ini.

Kelebihan Frostbite game engine :
1.      Grafik yang ditampilkan memiliki tingkat kedetailan yang tinggi.
2.      Mampu mengoptimalkan prosesor 64-bit dan DirectX11.
3.      Efek-efek visual yang menyerupai realita, seperti pembiasan cahaya, bayangan, debu, kedetailan air, dan lain-lain.
4.  Memiliki lingkungan pengembangan terintegrasi untuk pembuatan-pembuatan elemen pada game, hampir seluruhnya terlingkupi, seperti pembuatan AI, skrip game, dan lain-lain.
5.      Resolusi layar besar.
6.      Dapat menghancurkan objek-objek yang telah diciptakan.
7.      Dapat menampung banyak pemain per server.

Kekurangan Frostbite game engine :
1.     Tidak mendukung DirectX 9, Operating system sebelum Windows 7 tidak kompatibel.
2.  Menggunakan sumber daya yang banyak untuk menciptakan efek-efek visual yang menyerupai keadaan aslinya.
3.      Grafik pada PC terlihat lebih baik dibandingkan di konsol game.


2.    GameMaker

GameMaker adalah aplikasi alternatif lainnya yang gratis dan mudah digunakan untuk membuat game untuk Windows, Mac, iOS, dan Android.
hampir semua langkah membuat game dilakukan dengan drag and drop, tapi GameMaker juga menyediakan hooks untuk membuat game multi player, menghubungkan SDK eksternal, coding, dan banyak lagi.Versi gratis GameMaker menyertakan watermark saat kita ekspor gamenya, tapi aplikasi ini sangat bagus untuk mulai membuat game karena juga dilengkapi banyak tutorial dasar maupun lanjutan.
GameMaker lebih serba guna daripada Stencyl di bidang banyaknya style game yang dapat dihandle. Game populer yang dibuat dengan GameMaker diantaranya ada Spelunky dan Hotline Miami.
Kelebihan :
1.      Proses pembuatan Game maker menggunakan cara drag and drop
2.      Tersedia GML yaitu Game Maker Langguage apabila pengguna memahami bahasa ini maka pemanfaatn software ini dapat maksimal
3.      Tersedia beberapa  jenis versi nya yaitu Versi Lite dan versi Pro dimana pengguna dapat memilih salah satu diantara keduanya
4.      Jenis game yang dapat dibuat tidak hanya 1 melainkan berbagai jenis game dapat dibuat sesuai dengan imajinasi masing-masing pengguna
Kekurangan :
Game Maker versi Lite
1.      Hanya sebagian tool saja yang bisa dipakai
2.      Penambahan instuksi save dan load game tidak dapat digunakan pada versi ini
3.      Terdapat logo game maker saat me-running game yang mau dijalankan


3.    Construct 2

Construct 2 merupakan sebuah software pembuat game/game enginnering yang menggunakan bahasa HTML 5, software ini dikhususkan untuk game 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Seperti yang saya bilang diatas bahwa Construct 2 ini menggunakan bahasa HTML5 yang sangat mudah dipelajari, sehingga membuat software ini dipilih oleh berbagai developer game 2D.
Sebenarnya game yang dibuat dengan Construct 2 ini dikhususkan untuk single platform yaitu web tetapi Construct 2 bisa dijadikan multi platform, yaitu dengan bantuan aplikasi tertentu seperti: Untuk membuild game ke PC entah itu Windows, MAC maupun linux bisa menggunakan software bantuan yang bernama Node-Webkit, sedangkan untuk membuild ke platform IOS dan Android diperlukan software CocoonJS, AppMobi, dan PhoneGap.
Kelebihan :
1.    Game yang kita build akan terasa ringan
2.    memiliki sangat banyak plugin yang bisa dipakai untuk mengembangkan game kita
3.    dapat membuat game tanpa harus menulis kode pemrograman, karena sebagian besar logika untuk game dapat dibuat menggunakan menu.

Kekuangan :
1.    Jika kita ingin membuat gerakan karakter yang unik, akan sulit mengakali behavior bawaan dengan tambahan event, jauh lebih mudah jika kita membuat event langsung dari awal.


Efek – efek dalam game: 

·         Sprite adalah istilah umum untuk “gambar” dalam dunia 2D gaming. Sprite digunakan dalam game 2D untuk visualisasi objek dalam duni 2D. Umumya sprite digunakan untuk visualisasi objek yang bergerak dalam game
·         Background dalam dunia game adalah gambar yang digunakan untuk mengisi layar dengan visualisasi dunia dimana pemain akan berjalan, melompat, berinteraksi dan lain-lain.
·         Efek adalah istilah umum dalam dunia game 2D maupun 3D yang berfungsi untuk visualisasi benda-benda atau hal-hal yang akan melengkapi game dalam hal visual dan meningkatkan realisme, seperti efek ledakan, efek pencahayaan, efek darah, dan lain-lain.
·         Tekstur adalah gambar bitmap biasa (sama yang digunakan untuk sprite) namun gambar ini tidak ditampilkan langsung seperti dalam sprite, melainkan akan dipergunakan untuk melapisi poligon-poligon yang membentuk model tiga dimensi.
·         Sound Effect dan Background Music, Sound effect diperlukan untuk mengisi suara-suara dalam dunia game yang dimainkan pada saat event-event tertentu berlangsung. Sedangkan Background Music adalah musik pengisi yang akan dimainkan pada saat game berlangsung
·         Graphical User Interface (GUI), GUI dalam game berupa gambar dan tulisan yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah antara pemain dan game yang dimainkan.

Artificial Intelligence dalam Game
Salah satu unsur yang berperan dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia seperti berkomunikasi . Dan didalam game biasanya ada NPC yang mewakili sifat tersebut.
NPC atau Non Playable/Player Character adalah karakter dalam game yg tidak dapat dimainkan oleh pemain, dalam game biasanya NPC ini digunakan untuk berinteraksi, baik sebagai lawan atau teman dalam permainan.
Artificial Intelligence pada game yang ada pada NPC ternyata diperlukan algoritma yang mengatur interaksi antara NPC dan player seperti ucapan dan gerakan. NPC juga berperan dalam menjelaskan latar game sehingga situasi dalam permainan lebih jelas, adapun NPC yang digunakan untuk pelengkap saja yang tidak dapat berinteraksi dengan player.


Sumber :
https://ngelmutekno.blogspot.com/2016/06/10-software-pembuat-game-terbaik.html


Komentar

Postingan Populer