Gunadarma

Tugas Softskill Analisa Web Pendidikan dan Web Sosial

Tugas Softskill Pengantar Web Science
Kelas 2IA11
Anggota:
1.Ahmad Fiqih Haikal
2.Aridho abby saputra
3.Rahaditya Aditiraka
4.Ricky Octa Deigo

Menganalisa Web Pendidikan dan Sosial media
1.   Web Pendidikan ( Wikipedia.org)
Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger,dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet.Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia dalam hal apa saja. Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia multibahasa yang dapat disunting, disalin, dan disebarkan secara bebas. Sebanyak 886.575 orang sukarelawan telah mencoba menyunting dan menciptakan 405.306 artikel dalam bahasa Indonesia.
Analisis web

Gambar diatas adalah hasil dari pengukuran yang kami lakukan menggunakan https://gtmetrix.com/, kecepatan web Wikipedia sangat cepat ketika diakses dan dengan ukuran 60.7kb ukuran dari perhalaman yang diakses.





Dan dari analisa yang kamilakukan menggunakan web https://www.similarweb.com Wikipedia.org menduduki peringkat 7 dunia dan 9 di amerika serikat untuk web yang palingsering dikunjungin dengan rata-rata setiap 4 detik ada yang mengakses web tersebut dari jangka waktu 6 bulan terakhir di tahun 2017.

2.   Web pendidikan (https://www.w3schools.com/)
w3schools.com adalah web pendidian yang bertujuan untuk mengajarkan seorang yang ingin mempelajari pemrograman dalam web. Web tersebut memuat banyak tutorial mengenai bahasa pemrograman yang berkaitan dengan pemrograman web, hampir semua bahasa pemrograman web terdapat di dalam web pendidikan tersebut seperti HTML, CSS, XML, JAVASCRIPT, ASP, PHP, SQL.



Analisis web

Dari gambar diatas dengan menggunakan https://gtmetrix.com/,  cukup cepat untuk mengakses web https://www.w3schools.com/ dan dengan ukuran 407kb perhalaman untuk diaskses.



Kepopuleran web tersebut dari data yang diambil dari web https://www.similarweb.com/ web tersebut berada di urutan 486 dari kepopuleran diseluruh dunia dank e 800 di amerika serikat dan dari 6 bulan belakangan ini web tersebut diakses per 6 detik dan telah dikunjungin sebanyak 71.03M dari seluruh dunia.

3.   Web Sosial ( Facebook.com)
Pada kesempatan kali ini saya ingin menganalisis web tentang pendidikan, instansi pemerintahan dan sosial media, yang di dasari karena tugas softskill (mata kuliah). Pertama-tama saya akan menganalisis web social media . Web yang saya analisis dari web social media adalah https://www.facebook.com/




·         Pengenalan 
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Facebook ditulis dengan bahasa pemrograman :
1.   C++
2.   PHP
3.   Bahasa D


·         Ukuran
Berikut adalah ukuran dari web Facebook yang di cek melalui gtmetrix.com. Berikut adalah hasilnya 





Dari hasil diatas kita bisa menyimpulkan bahwa situs facebook.com memiliki page load time yang lumayan buruk untuk sebuah website. Mungkin hal itu disebabkan oleh banyaknya pengguna yang menggunakan situs social media ini. Namun jika dilihat dari YSlow Grade, situs ini sudah termasuk cukup baik.



·         Search Engine 




Pada kesempatan kali ini saya menggunakan search engine yaitu Google, namun masih terdapat search engine lainnya yaitu seperti Bing, Yahoo, dll. Dari hasil pencarian saya menggunakan keyword "Facebook" menggunakan Google mendapatkan bahwa situs web Facebook berada pada urutan teratas dari search engine tersebut. Hal ini sudah menjelaskan bahwa situs web social media ini memang sangat sering sekali digunakan atau diakses.



·         Web Archive

Dikarenakan Facebook merupakan situs social media, maka web archive itu sendiri adalah segala sesuatu yang merupakan postingan dari si pemilik akun social media itu. Untuk Facebook sendiri memiliki fitur web archive berupa Timeline, dimana para pengguna dapat kembali mengakses posting lama mereka dengan fitur ini.




Sekian analisa dari saya mengenai web social media.






4.   Web Sosial ( twitter.com)
Twitter didirikan pada bulan March 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp dan dilancarkan pada bulan julai di tahun yang sama. Pendiri Twitter ada 3 orang, yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams. Twitter adalah sebuah situs web jejaring sosial yang dimiliki dan di operasikan oleh Twitter Inc, yang memungkinkan untuk mengirim dan membaca pesan singakat yang disebut tweets. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna.

Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk salaing berkomuikasi secara lebih sederhana antar pengguna.

Tampilan laman login Twitter


Ukuran

Berdasarkan analisa Alexa Rank terbagi atas 2 yaitu global rank dan negara asal dari website yang ditentukan. Dapat dilihat bahwa Twitter berada di rank 9 pada global rank, turun sebanyak 1 peringkat dan rank 10 pada US rank.
Search Engine


Selanjutnya Alexa Rank menampilkan persentase pengunjung situs dengan menggunakan mesin pencari sebanyak 6.60%. Tabel di atas menunjukkan kata kunci teratas yang mengirim lalu lintas ke situs ini dari mesin pencari selama 6 bulan terakhir. Daftar ini diperbarui setiap bulan. Di sini kata yang sering digunakan adalah Twitter dengan sebanyak 5.86%.
Web Archive
Web archiving merupakan penyimpanan file-file yang ada dalam suatu web. Dalam web Twitter ada beberapa web archiving yakni fitur Twitter archive.



Berikut tampilan Twitter archive:






http://rafliputra27.blogspot.co.id/2015/06/pada-kesempatan-ini-saya-ingin.html

Komentar

Postingan Populer