Gunadarma

Pengetahuan Teknologi Internet Dan New Media

Pengertian Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringankomputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking(“antarjaringan”).

Sejarah internet
Internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh departemen perthanan amerika serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET, dimana mereka mendemostrasikan bagaimana hardware dan software computer yang berbasis UNIX,kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak jauh melalui saluran telepon.
Tujuan awal pembuatan internet adalah untuk keperluan militer.pada saat itu departemen pertahanan amerika serikat membuat system jaringan computer tersebar dgn menghubungkan computer di daerah daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi dapat dgn mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yakni stanfor,research institute universitas California santa Barbara university of ultah. Secara umum  ARPANET di perkenalkan pada bulan oktober 1972tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan universitas di Negara tersebut ingin bergabung dan ARPANET kesuliatn mengaturnya
Oleh sebab itu Arpanet dipecah menjadi 2 yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non militer seperti universitas universitas. Gabugan kedua jarringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet , yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

Konsep New Media
New media atau dalam bahasa Indonesia media baru  adalah istilah yang dimaksd kan  untuk mencakup kemunculan digital, computer , atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke 20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi , bersifat jaringan , padat , mampat interaktif dan tidak memihak. Media baru bukanlah televise , film , majalah , buku , atau publikasi berbasis kertas. Banyak orang menganggap new  new media itu computer namun nyatanya new media belum tentu computer karena istilah tersebut membatasi definisi new media itu sendiri karena computer hanya sebuah mesin tidak bisa menjadi pengukur media itu adalah media atau bukan. Sampai saat ini belum ada definisi mutlak dari new media , karena seiring dengan perkembangan zaman, media informasi akan terus berkembang pesat.

Penerapan New Media
    Sebenernya penerapan new media ini pada zaman sekarang sudah begitu pesat, dan sudah banyak sekali media yang dpat di gunakan untuk menggali informasi, sarana hiburan, edukasi dan sebagainya. Misalnya saja srkng kita bisa menggunakan facebook , twitter , myspace , instagram dan masih banyak yang lainnya itu semua sudah trmasuk kedalam penerapan new media.

Manfaat New Media
1.Penyampain informasi menjadi lebih cepat
2.Sebagai sarana hiburan missal game online dll
3.sebagai sarana komunikasi seperti fb twitter dll
4. sebagai media jualan misallnya onlineshop seperti lazada dll
5. sebagai sarana menambah wawasan/ilmu
6.sebagai sarana mencari lowongan pekerjaan

Komponen New Media
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya. 

Aplikasi new media
Contoh dari aplikasi new media adalah facebook . facebook merupakan suatu aplikasi jejaring social yang sangat bermanfaat untuk sarana komunikasi antara manusia satu dengan yang lainnya yang ada di dunia tanpa mengenal jarak , yang dapat di akses dimana saja dengan menggunakan jaringan internet.

Dampak Positif Internet
Informasi dan Pengetahuan Yang Tak Terbatas
Internet menyediakan sumber informasi yang tak terbatas selama 7 x 24 jam setiap waktu. Bahkan ketika tengah malam buta pada saat pertanyaan muncul dalam kepala anda dan tergelitik untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, anda dapat langsung mengakses internet melalui komputer, ponsel, gadget anda untuk menemukan jawabannya.

Internet Sebagai Bisnis
Banyak sekali orang yang sukses dalam menjalankan bisnis melalui internet. Pebisnis internet sukses mengakui bahwa dengan menjalankan bisnis diinternet lebih minim modal bahkan tanpa modal sekalipun dengan ceruk pasar yang lebih luas dibandingkan usaha didunia nyata. Beberapa potensi di internet yang bisa dijadikan ladang bisnis adalah: berjualan produk atau jasa secara online, iklan, afiliasi, dll.

Internet Sebagai Hiburan
Selain sebagai sumber informasi, banyak pengguna yang mengakses internet hanya untuk bermain game, mendownload lagu, menonton streaming tv online dan banyak lagi. Mereka mencari internet dengan tujuan untuk mencari hiburan sebagai wadah untuk melepas stress mereka dari aktivitas sehari – hari.

Biaya Pengetahuan Yang Murah
Tidak dapat dipungkiri, internet menyediakan akses informasi yang murah dengan segala ketidakterbatasan sumber berita dan informasi yang bisa anda dapatkan. Kendati demikian, tarif internet di luar negeri jauh lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia.

Internet Sebagai Sarana Komunikasi
Hal yang terlintas pada benak kita adalah chatting, salah satu media yang digunakan untuk berkomunikasi. Dan contoh media yang sering digunakan adalah facebook, twitter, friendster, Mirc. Selain itu internet juga dapat digunakan untuk mengirim E-mail, dan melakukan video conference atau bahkan berkomunikasi langsung lewat telephone via online. Hal ini memudahkan bagi para pengguna jejaring sosial untuk dapat berkomunikasi dan mengenal seseorang tanpa memikirkan jarak ataupun tempat.

Dampak Negatif Internet
Keterbatasan Pergaulan Sosial
Banyak sekali anak muda saat ini -terutama yang masih sekolah- menghabiskan waktu mereka pada saat pulang sekolah ataupun pada akhir pekan untuk bermain internet sepanjang hari. Kecenderungan yang berat pada internet dapat berakibat pada keterbatasan pergaulan sosial secara fisik. Oleh karena itu penting bagi orang tua agar dapat menasehati secara tegas agar anak mereka tidak terjerumus pada kecenderungan internet yang parah.

Kejahatan dan Penipuan
Salah satu dampak negatif internet adalah sebagai wadah untuk berbuat kejahatan dan penipuan secara terselubung. Banyak sekali orang yang tertipu terhadap toko online palsu ataupun kejahatan secara fisik yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai sarana mereka.

Kecanduan
Bila seseorang merasa lebih nyaman dengan fasilitas dan informasi dalam internet, dalam dirinya timbul rasa tidak peduli dengan waktu, hal ini menyebabkan ketergantungan kepada internet bahkan kecanduan untuk pelaku game online dan jejaring sosial media. Tentu dibutuhkan perhatian khusus dari pihak orangtua agar anaknya yang masih dibawah umur tidak mengalami kesimpangan sosial karena internet.

 Sumber & Referensi:




Komentar

Postingan Populer